Tips Pintar Membuat Kata Sandi yang Unik dan Mudah Diingat

Berdasarkan penelitian, lebih dari 700 juta alamat e-mail dan kata sandi tidak terenkripsi dewasa ini. Hacker bisa mengkombinasikan domisili e-mail atau kata sandi korban untuk membobol akun user lainnya yang memiliki kata sandi yang sama.

Namun, Perusahaan keamanan siber Kaspersky Lab, dalam keterangannya, memberikan sebagian langkah membuat kata sandi aman dan gampang diingat. Berikut langkah hal yang demikian:

Langkah 1: Bikin 'deretan statis' (bagian kata sandi yang tidak berubah)
1. Pikirkan frasa, lirik lagu, kutipan dari film, sajak anak, atau hal serupa yang berkesan bagi Anda.
2. Kemudian ambil huruf pertama dari tiga hingga lima kata pertama.
3. Di antara setiap huruf tambahkan karakter khusus: @ atau # serta lainnya.
Sesudah memahami langkah pertama, kamu sekarang bisa mulai merangkai password unik sendiri menurut langkah diatas. Baca bermacam informasi tentang cara mengetahui password email disini.

Langkah 2: Tambahkan kekuatan asosiasi
1. Dikala Anda memikirkan akun online yang memerlukan kata sandi (seperti Facebook, Twitter, eBay, situs kencan, perbankan online, belanja, atau website game dan lainnya), tulis kata pertama sebagai kata yang berhubungan dengan website terkait.
2. Umpamanya, sekiranya membikin password untuk Facebook, Anda dapat mengaitkan Facebook dengan warna biru di logo: karenanya, cukup tambahkan kata 'biru' dapat dalam huruf besar. Letakkan kata ini di akhir 'deretan statis' sebelumnya.

"Contohnya frasa yang kamu pikirkan adalah 'Twinkle Twinkle Little Star, How I Wonder What You Are,' serta karakter khusus yang ingin kamu gunakan yakni '#', maka password untuk Facebook Anda yaitu sesuatu seperti: T#T#L Hblue," tutur peneliti keamanan di Regu Penelitian dan Analisa Global Kaspersky Laboratorium (GReAT) David Jacoby.

Berdasarkan Jacob, memang tak masuk akal saat memandangnya, atau apabila seseorang memberikannya terhadap pengguna lain. Namun, karena sifatnya pribadi, pengguna mengerti cara yang dipakai untuk menciptakan password hal yang demikian, dan kaitannya dengan laman tersebut, akan gampang untuk user untuk mengingatnya.

Selain itu, Jacob melanjutkan, metode terbaik dalam menyimpan serta mengingat kata sandi secara aman ialah via tools manajemen password, seperti Kaspersky Password Manager. Kaspersky Password Manager yakni solusi penyimpan serta perlindungan kata sandi yang aman, serta memberi langkah terbaik dalam membikin kata sandi unik serta kuat untuk seluruh akun online.